Masalah dalam penelitian ini adalah:
Bagaimana proses penerapan pembelajaran kooperatif STAD sehingga dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika soal cerita di kelas 6 SD SUMBER ILMU Surabaya?
Atau
Bagaimana menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD sehingga meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika soal cerita di kelas 6 SD SUMBER ILMU Surabaya? |
Masalah dirumuskan dalam kalimat tanya. Perhatikan hal-hal yang terkandung pada rumusan masalah:
- Masalah dirumuskan dengan memakai kata tanya bagaimana (How to), sebab perhatian dalam PTK bukan hanya hasil tetapi proses han hasil. Argumentasi logis terhadap pilihan tindakan (metode pembelajaran STAD yang argumennya diuraikan pada bagian latar belakang alinea IV) untuk memecahkan akar penyebab masalah (Latar Belakang alinea II, analisis masalah) kita yakini ketepatannya, dan akan berhasil baik jika prosesnya benar dan sesuai dengan situasi dari masalah yang sedang dihadapi. Tegasnya, proses pelaksanaan metode pembelajaran yang kita terapkan dipebaiki terus melalui siklus-siklus. Tujuan PTK bukan menguji atau menemukan suatu metode pembelajaran yang kita terapkan diperbaiki terus menerus melalui siklus-siklus. Tujuan PTK bukan menguji atau menemukan suatu metode pembelajaran, sehingga kata tanyana bukan apakah metode A mampu meningkatkan .... (yang jawabannya bermakna ya atau tidak).
- Masalah mengandung hubungan antara permasalahan (rendahnya hasil belajar sehingga perlu ditingkatkan) dan tindakan (menerapkan pembelajaran kooperatif STAD).
- Dapat diuji secara empirik (aktifitas dapat diukur menggunakan rubrik, peningkatan hasil belajar dapat diukur berdasarkan skor hasil belajar yang nyata diperoleh dari tes hasil belajar, bukan diperoleh dari teori atau data buatan atau data hipotesi)
- Menunjukkan secara jelas subyek penelitian (siswa) dan/atau lokasi penelitian (SD SUMBER ILMU)
- Rumusan masalah menunjukkan secara jelas tindakan yang diimplementasikan (penerapan pembelajaran kooperatif)
Hipotesis
tindakan adalah dugaan mengenai perubahan yang akan terjadi jika suatu
tindakan dilakukan. Hipotesis dirumuskan dalam bentuk keyakinan bahwa
tindakan yang diambil akan dapat memperbaiki suatu sistem, proses, atau
hasil. Konkritnya, hipotesis tindakan adalah dugaan guru tentang
tindakan terbaik yang harus dilakukan (pembelajaran kooperatif) untuk
mengatasi masalah (rendahnya prestasi belajar siswa). |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar