Selasa, 24 September 2013

3.3 Siklus Penelitian (3.3.1.3 , 3.3.1.3.1, 3.3.1.3.2)

3.3 Siklus Penelitian
Penjelasan
3.3.1.3 Penyiapan Instrumen Penelitian
Instrumen penelitian yang disiapkan meliputi instrumen untuk observasi proses/kegiatan, instrumen pengukur hasil belajar, angket, dan intstrumen untuk refleksi.

3.3.1.3.1 Instrumen observasi proses/kegiatan 
Instrumen observasi yang dipersiapkan dalam penelitian ini adalah: 
  1. Catatan anekdotal untuk guru (terlampir).
  2. Catatan anekdotal interaksi guru-siswa (terlampir).
  3. Catatan anekdotal organisasi kelas (terlampir).
  4. Catatan anekdotal keaktifan siswa berinteraksi dalam diskusi kelompok (terlampir). Instrumen ini untuk mengukur indikator keberhasilan nomer 2 (Minimal 60% siswa aktif berinteraksi daalm diskusi kelompok).
  5. Camera/handycam.
  6. Kertas untuk mencatat hal-hal khusus selama proses pembelajaran berlangsung.
\

Instrumen observasi dapat dikelompokkan menjadi 3 (ttga, yaitu: instrument untuk mengobservasi guru, instrument untuk mengobsevasi kelas, dan instrument untuk mengobservasi prilaku siswa. 

Observasi anecdotal mefokuskan pada hal-hal spesifik yang terjadi di kelas atau catatan tentang aktifitas belajar siswa dalam pembelajaran. Observasi anecdotal menjatat kejadian di dalam kelas secara informal dalam bentuk naratif. Sejauh mungkin, catatan itu memuat deskripsi rinci dan lugas peristiwa yang terjadi di kelas.



3.3 Siklus Penelitian
Penjelasan
3.3.1.3.2 instrumen pengukur hasil belajar dan angket

Instrumen pengukur hasil belajar berupa Soal ulangan harian dan kuis (terlampir). Instrumen ini untuk mengukur indikator keberhasilan nomer 1 (minimal 75% siswa yang mendapat skor minimal 70).
Angket untuk siswa berisi pernyataan tentang cara guru menyampaikan materi, interaksi guru dengan siswa, cara pembentukan kelompok, dan penggunaan metode mengajar (terlampir).
Instrumen pengukur hasil belajar sama dengan soal yang biasa dibuat oleh guru untuk ulangan harian atau tes formatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar