Rabu, 11 September 2013

Pembelajaran Kooperatif 2.2.5

2.2.5 Sintaks Model pembelajaran Kooperatif tipe STAD Penjelasan
Dalam pembelajaran yang menggunakan pembelajaran kooperatif, termasuk kooperatif STAD, terdapat enam fase atau tahapan utama sebagai berikut (Arend, 1997):
FASE TINGKAH LAKU GURU
Fase-1
menyampaikan tujuan dan informasi
Guru menyampaikan semua tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar.
Fase-2
menyampaikan informasi
Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan bacaan.
Fase-3
mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membenruk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien.
Fase-4
membimbing kelompok bekerja dan belajar
Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka.
Fase-5
evaluasi
Guru menevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
Fase-6
memberikan penghargaan
Guru mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil bejara individu dan kelompok.


Dan seterusnya....dapat diuraikan tentang karakteristik soal cerita.

Fase-fase inilah yang harus diterapkan pada penelian nanti. Fase-fasenya akan disesuaikan dengan materi dan cara penyampaian informasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar