Rabu, 11 September 2013

Pembelajaran Kooperatif

2.2.4 Pembelajaran Kooperatif Model STAD
Berikut adalah langkah-langkah dalam pembelajaran Kooperatif STAD:
  1. Membentuk kelompok-kelompok yang masing-masing beranggotakan empat orang siswa secara heterogen (dalam hal kemampuan akademik, jenis kelamin, dan sebagainya). 
  2. Membuat LKS dan kuis pendek untuk pelajaran yang direncanakan untuk diajarkan. 
  3. Pada saat menjelaskan STAD kepada siswa, guru membacakan tugas-tugas yang harus dikerjakan kelompok antara lain:
    • Meminta anggota kelompok bekerjasama mengatur bangku atau meja/kursi mereka, dan memberikan kesempatan sekitar 10 menit utnuk menuliskan nama-nama anggota kelompok mereka.
    • Membagikan LKS atau materi pelajaran lain (dua set untuk tiap kelompok).
    • Meminta dalam tiap kelompok agar bekerja berpasangan (duaan) dalam mengerjakan LKS dan soal-soal latihan.
    • Meminta siswa pada tiap kelompok agar tidak mengakhiri kegiatan belajar sebelum mereka yakin bahwa seluruh anggota kelompok dapat menjawab 100% benar soal-soal latihan yang diberikan.
    • Menjelaskan bahwa LKS itu untuk belajar bukan untuk diisi dan dikumpulkan. Dengan demikian, pda akhirnya perlu memberikan kunci jawaban LKS untuk mengecek kebenaran jawaban siswa dalam kelompok.
    • Memberi kesempatan kepada siswa untuk saling menjelaskan jawaban mereka.
    • Jika ada pertanyaan, meminta kepada siswa agar pertanyaan diajukan kepada teman atau kelompok terlebih dahulu sebelum mengajukannya kepada guru.
    • Berkeliling di dalam kelas dan memberi pujian kepada kelompok yang bekerja dengan baik dan secara bergantian duduk bersama dengan setiap kelompok untuk memperhatikan bagaimana anggota-anggota kelompok itu bekerja.
  4. Memberikan kuis kepada siswa dan meminta siswa agar mengerjakannya secara individu, bukan bekerjasama. 
  5. Membuat skor individual dan skor kelompok. Skor kelompok dalam STAD didasarkan pada peningkatan skor anggota kelompok dibandingka skor yang lalu mereka sendiri. Skor kelompok dihitung dengan jalan menjumlahkan poin peningkatan yang diperoleh tiap anggota kelompok dan membaginya dengan jumlah anggota kelompok yang mengrjakan kuis itu. 
  6. Memberikan pengakuan terhadap prestasi kelompok. Guru menberikan pengakuan kepada tiap kelompok yang mencapai rata-rata peningkatan 20 poin ke atas, dengan memberikan sertifikat atau peragaan pada papan pengumuman. Setelah 5 atau 6 minggu penerapan STAD, guru mengatur ulang siswa ke dalam kelompok-kelompok baru. Hal ini, untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja dengan teman sekelas yang lain dan menjaga program pengajaran tetap segar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar