Senin, 09 September 2013

Alinea 1

I PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG : alinea I
 Penjelasan
Alinea I
Salah satu materi matematika pada kelas VI SD adalah "Perhitungan Pecahan". Materi ini twrdiri dari penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian pecahan. Seperti pada SD lainnya, di SD 'SUMBER ILMU" juga diadakan ulangan harian. Pada semester gasal tahun ajaran 2011/2012, hasil ulangan harian soal cerita untuk materi penjumlahan dan pengurangan pecahan kurang memuaskan. Dari beberapa kali ulangan harian, hanya sekitar 39% yang mendapat skor diatas 70 (jumlah siswa 42 orang). Keadaan ini tetap terjadi walaupn guru sudah menjelaskan dengan contoh-contoh soal cerita. Biasanya pemberian contoh dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: soal ditulis di papan, siswa-siswi dimita mencoba menjawab di bukunya masing-masing, beberapa saat kemudian guru menjelaskan di papan tulis, dan akhirnya siswa diberi kesempatan bertanya sambil mencatat. Pada alinea I diuraikan: masalah riil yang dihadapi guru. Oleh karena itu, masalah yang dikemukakan merupakan refleksi dari pengalaman nyata dalam pembelajaran yang dimapu oleh guru yang bersangkutan. Karena PTK bersifat kasuistik, yaitu kasus spesifik atau tertentu di dalam pelajaran yang sifatnya nyata dialami oleh guru, maka perlu disebutkan tempat dan waktu kejadiannya. Dan karena maksud PTK adalah mengubah kenyataan, keadaan, dan situasi pembelajaran menjadi lebih baik, maka perlu diuraikan proses pembelajaran yang telah dilakukan selama ini. Sesungguhnya, pada alinea ini kita menulis kesenjangan antara das solen dan das sein, kesenjangan antara harapan dengan kenyataan.
Catatan:
Inti dari aline ini adalah mengidentifikasikan masalah yang dirasakan oleh guru.
Beberapa karakteristik PTK: 
  1. Bersifat kasuistik
  2. Diawali dengan refleksi diri
  3. Bermaksud  mengadakan perubahan.  
 Secara sederhana, PTK dapat didefinisikan sebagai berikut:
PTK adalah  penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa meningkat.

                          NEXT
BACK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar