Selasa, 24 September 2013

3.3 Siklus Penelitian (3.3.1 , 3.3.2 , 3.3.1.2)

3.3 Siklus Penelitian
Penjelasan
3.3.1 Perencanaan Tindakan
Pada bagian ini akan diuraikan secara rinci hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum pelaksanaan tindakan, yaitu:
  • penyiapan skenario
  • pembelajaran penyiapan sarana
  • pendukung penyiapan
  • instrumen penelitian
  • penyiapan sarana refleksi

3.2.2 Penyiapan Skenario Pembelajaran
Skenario pembelajaran berupa langkah-langkah yang akan ditempuh dalam pembelajaran di kelas nyata. Skenario ini dituangkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pada RPP tercantum satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas/semester, konsep, subkonsep, waktu, tujuan, indikator pencapaian, sumber dan alat pembelajaran, pengalaman belajar, kegiatan inti, dan evaluasi. RPP disajikan pada lampiran. Pada RPP juga tercantum Langkah-langkah pembelajaran di kelas termasuk cara pengaturan meja-kursi untuk pembelajaran kelompok.
Pada bagian ini ditulis semua persiapan yang diperlukan untuk kelancaran pelaksanaan tindakan sehingga RPP dilaksanakan secara efisien. 

Catatan: Perancanaan tindakan menggambarkan secara rinci hal-hal yang perlu dilakukan sebelum pelaksanaan tindakan. Yang harus ditonjolkan pada RPP adalah action yang akan dilakukan. Pada contoh ini adalah fase-fase / step dalam pembelajaran cooperative learning tipe STAD.

3.3.3 Siklus Penelitian
Penjelasan
3.3.1.2 Mempersiapkan Sarana Pendukung
Sarana pendukung yang diperlukan dalam pelaksanaan pembelajaran ini adalah:
  • Lembar kerja siswa (LKS)/lembar pertanyaan bahan diskusi
  • Alat peraga/media Diagram pengelompokkan siswa Buku
  • Paket Sertifikat penghargaan
Lembar LKS disajikan pada lampiran. Tidak diperlukan persiapan khusus tentang ruangan kelas. Posisi meja-kursi akan diatur bersama-sama dengan siswa. Dalam pembelajaran biasa, satu meja di kelas ini dilengkapi dua kursi, artinya satu meja digunakan untuk dua siswa. Dalam pembelajaran kooperatif STAD yang diterapkan dalam penelitian ini, dua meja digabung sehingga dapat digunakan oleh kelompok yang tediri dari 4 siswa.
Bagian ini harus dilengkapi dengan lampiran untuk setiap butirnya.

Diagram pengelompokkan siswa lengkap dengan nama-nama (kode nama)untuk setiap kelompok. Misalnya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar