3.3 Siklus Penelitian |
Penjelasan |
3.3.1 Perencanaan Tindakan Pada bagian ini akan diuraikan secara rinci hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum pelaksanaan tindakan, yaitu:
3.2.2 Penyiapan Skenario Pembelajaran Skenario pembelajaran berupa langkah-langkah yang akan ditempuh dalam pembelajaran di kelas nyata. Skenario ini dituangkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pada RPP tercantum satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas/semester, konsep, subkonsep, waktu, tujuan, indikator pencapaian, sumber dan alat pembelajaran, pengalaman belajar, kegiatan inti, dan evaluasi. RPP disajikan pada lampiran. Pada RPP juga tercantum Langkah-langkah pembelajaran di kelas termasuk cara pengaturan meja-kursi untuk pembelajaran kelompok. |
Pada bagian ini ditulis semua persiapan yang diperlukan untuk kelancaran pelaksanaan tindakan sehingga RPP dilaksanakan secara efisien. Catatan: Perancanaan tindakan menggambarkan secara rinci hal-hal yang perlu dilakukan sebelum pelaksanaan tindakan. Yang harus ditonjolkan pada RPP adalah action yang akan dilakukan. Pada contoh ini adalah fase-fase / step dalam pembelajaran cooperative learning tipe STAD. |
3.3.3 Siklus Penelitian |
Penjelasan |
3.3.1.2 Mempersiapkan Sarana Pendukung Sarana pendukung yang diperlukan dalam pelaksanaan pembelajaran ini adalah:
|
Bagian ini harus dilengkapi dengan lampiran untuk setiap butirnya. Diagram pengelompokkan siswa lengkap dengan nama-nama (kode nama)untuk setiap kelompok. Misalnya |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar